Otomotif & News

diki-rahman.blogspot.com On Sabtu, 11 Desember 2010

Indonesia Hadapi Filipina di Semifinal
Partai Away di Singapura atau Kualalumpur
Kamis, 9 Desember 2010 | 05:30 WITA
Jakarta, Tribun - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan ditantang Timnas Filipina di babak semifinal kehuaraan sepakbola ASEAN Piala AFF Suzuki Cup 2010.
Filipina menjadi runner-up Grup B, setelah pada pertandingan Rabu (8/12) malam, bermain imbang 0-0 saat melawan Myanmar.
Pada pertandingan lain di Grup B, Vietnam sukses mengalahkan Singapura 1-0. Kemenangan itu membuat Vietnam tampil sebagai juara dan akan bertemu Malaysia di semifinal.
Filipina awalnya tidak dijagokan mampu lolos ke babak semifinal. Vietnam dan Singapura yang lebih dijagokan lolos setelah melihat peta kekuatan tim Asia Tenggara.
Namun, kini Filipina tampaknya sudah mulai bangkit dan pantas diperhitungkan. Kemenangan mereka 2-0 atas tuan rumah Vietnam dan seri 0-0 lawan Singapura menjadi pertanda kekuatan mereka.
Indonesia tak bisa menyepelekan Filipina meski dalam pertemuan sebelumnya selalu menang. Sebab, di bawah pelatih muda Simon McMenemey, Filipina tampil rapih dan punya kepercayaan diri yang tinggi.
Naturalisasi
Pembangunan sepakbola Filipina juga selangkah lebih maju dibanding Indonesia. Jika Indonesia masih merintis jalur naturalisasi pemain keturunan untuk mengatrol prestasi sepakbola tanah air, ternyata Filipina sudah jauh-jauh hari  melakukannya.
 Saat ini sedikitnya delapan pemain keturunan mereka tampil di ajang AFF 2010 ini. Salah satunya adalaj kiper Neil Etheridge.
Penjaga gawang Filipina ini adalah kiper cadangan klub asal Inggris, Fulham, yang tentunya sudah biasa merasakan sepakbola modern bergaya Eropa, English Premier League.
Etheridge sempat berpikir panjang untuk menerima tawaran membela Timnas Filipina. Pemain kelahiran London 1990 ini memiliki darah Filipina dari sang ibu sementara ayahnya adalah pria berkebangsaan Inggris.
Filipina mengundangnya pada 2007, namun penawaran pertama ditolak lantaran dia tidak mengetahui sepakbola Filipina, liga dan para pemainnya.
Federasi Sepakbola Filipina tidak menyerah pada 2008, mereka kembali mengundang Ehteridge.Akhirnya tawaran ini diterimanya.
Pemain naturalisasi lainnya adalah Gelandang Jason De Jong kelahiran Belanda, Robert James Dazo kelahiran Inggris, Ray Anthony kelahiran Islandia, Manuel Ott berdarah Jerman,James Joseph Placer Yonghusband kelahiran Inggris, Alexander Charles Luis Borromeo, striker kelahiran San Francisco, Amerika Serikat.
Indonesia Siap
Indonesia melakukan berbagai persiapan jelang laga semifinal yang akan di gelar dua leg home and away. Pelatih Timnas Indonesia bersama Cristian Gonzales bahkan terbang langsung ke Vietnam untuk menyaksikan pertandingan Vietnam versus Singapura.

"Kami selalu siap menghadapi siapapun lawan di semifinal. Saya pikir tim berada dalam kondisi bagus, namun persaingan di babak semifinal pastinya lebih berat," kata Gonzales saat ditemui Tribun di hotel Sultan, Jakarta, sebelum bertolak ke Vietnam.
Pelatih Alfred Riedl juga memiliki penilaian yang sama. Menurut pelatih asal Swiss ini, tidak ada tim favorit di babak semifinal.
"Semua tim memiliki kekuatan yang sama. Tim tim di Asia Tenggara saat ini sama-sama berkembang pesat. Kami tidak pilih siapapun yang akan menjadi lawan kami karena semuanya sama," kata Riedl.
Leg pertama partai semifinal akan digelar pada 15 dan 16 Desember, sedangkan leg kedua akan dilaksanakan pada 18 dan 19 Desember.(tribunnews/cen)

klasemen akhir piala aff
Grup B
1. Vietnam 3 2 0 1    8-3 6
2. Filipina 3 1 2 0 3-1 5
3. Singapura 3 1 1 1 3-3 4
4. Myanmar 3 0 1 2 2-9 1

Grup A
1. Indonesia 3 3 0 0 13-2 9
2. Malaysia 3 1 1 1 6-6 4
3. Thailand 3 0 2 1 3-4 2
4. Laos 3 0 1 2 3-13 1

 jadwal semifinal
Leg Pertama
15 Desember: Malaysia Vs Vietnam
16 Desember: Filipina Vs Indonesia
Leg Kedua
18 Desember: Vietnam Vs Malaysia
19 Desember: Indonesia Vs Filipina


sumber: Tribun Timur

0 komentar:

Posting Komentar

DbClix