Otomotif & News

diki-rahman.blogspot.com On Sabtu, 11 Desember 2010

Toyota Rush Development AutoBild
Release Date  : Selasa, 30 November 2010
Media   : Autobild, at page 28-30, size 2475 mmk
Journalist  : Susanto Ari P
TRD yang satu ini tak ada hubungannya dengan dunia balap atau mobil sport. Istilah Toyota Rush Development kami pilih untuk menggambarkan betapa seriusnya PT Toyota-Astra Motor (TAM) merancang perubah pada Rush terbaru. Bukan hanya tampilan, namun juga di beberapa area yang membuat New Rush semakin menggoda.
Hal penting pertama yang dikembangkan PT TAM ada di sektor suspensi. Adanya keluhan tentang kerasnya suspensi Rush model sebelumnya, membuat PT TAM mengubah setelan menjadi lebih empuk. Bisa jadi setting suspensi sebelumnya diperhitungkan untuk tiga baris bangku.
Hasilnya, bantingan Rush baru terasa nyaman. Gerakan suspensi terdeteksi lebih halus dan empuk, terutama saat ban masuk ke dalam lubang. la pun terasa ramah saat ber-jibaku dengan jalan raya yang penuh lubang atau bak kontrol yang menonjol keluar.
Kendati demikian, ubahan di atas menyimpan potensi kelemahan. Saat melintasi speed trap, bodi Rush sempat terasa seperti hendak tergelincir. Sebuah konsekuensi untuk menghasilkan kenyamanan lebih baik. Tapi.ini merupakan pilihan tepat untuk konsumen SUV yang lebih mengedepankan daya jelajah ketimbang kestabilan bak sebuah sedan.
Hal penting kedua masih menyangkut kenyamanan. Mengikuti jejak Toyota lainnya, kini Rush dilengkapi Electric Power Steering (EPS). Teknologi ini mengurangi fungsi kerja mekanis dan hidraulis sehingga putaran setir terasa lebih ringan saat digerakkan.
Akibatnya, olah kemudi saat parkir terasa nyaman. Apalagi tipe S A/T memiliki corner sensor di setiap sudut bumper depan dan belakang, melengkapi sensor parkir belakang. Upaya parkir di area sempit semakin terbantu. Meski untuk pengemudi antusias keberadaan EPS seperti mengurangi nyawa mobil lantaran setir terasa hampa.
Karena tidak memakai tenaga mesin untuk menjalankan EPS, konsumsi bahan bakar Rush juga menjadi lebih baik. Kami mencatat angka 8,8 km/liter untuk rute dalam kota dan 13,8 km/liter untuk jalan tol. Artinya di rute kombinasi Rush mencetak konsumsi bbm 11,3 km/liter.
Bandingkan dengan Rush S A/T lawas yang mencatat konsumsi bbm tol 12,3 km/liter dan kombinasi 10,3 km/liter. Dari sini terlihat bahwa efektivitas penggunaan EPS terbukti nyata.
Performa Rush juga sedikit lebih baik dari model sebelumnya. Rush lama mencatat waktu 15,4 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam. Sementara model baru membukukan 14,69 detik. Kembali EPS terbukti membantu meringankan kerja mesin.
Pengembangan terakhir ada di sektor penampilan. Eksterior lebih segar dengan adanya revisi pada desain gril dan bumper depan-belakang. Penambahan side visor dan redesain pelek 16 inci cukup mengubah tampilan samping, sedangkan lekukan pada keempat pintu membuatnya semakin gagah.
Seperti telah diulas sebelumnya, karakter sporty pada kabin mencuat dari desain dasbor baru. Sedangkan penambahan shift lock membantu saat parkir paralel. Semakin ceria dengan kehadiran console box dan kelir interior baru.
Cukup banyak pembaruan dilakukan Toyota pada Rush terbaru. Dan terbukti Toyota Rush Development ini memberi banyak efek positif, walau bukan tanpa kekurangan tentunya. Let's unleash yourself...
FIRST OPINIONBanyak pengembangan dilakukan Toyota pada Rush terbaru. Dan kami melihat ubahan yang diterapkan mampu memperbaiki Rush, baik dari segi penampilan, performa, maupun rasa berkendara. Sedikit catatan kami berikan pada suspensi yang menjadi terlalu lembut. Meski begitu, kehadiran EPS dan fitur kenyamanan lain menjadi nilai lebih Rush terbaru ini.
SEKILAS PANDANG  Tersedia beragam aksesoris orisinal, salah satu nya  adalah  bangku  baris ketiga
  Tersedia 6 pilihan warna memikat: White, Silver Mica Metallic, Champagne Metallic, Maroon Mica, Black Mica Metallic, Dark Grey Metallic.
sumber:  http://www.toyota.co.id/product/?page=product&model=Rush

0 komentar:

Posting Komentar

DbClix