Otomotif & News

diki-rahman.blogspot.com On Kamis, 06 Januari 2011

First Drive Daihatsu Terios FaceLift, Makin Praktis Dan Modis

OTOMOTIFNET - Sekian lama beredar, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) tentu tak akan membiarkan SUV andalannya tampil biasa saja.  Walau sepintas sama, tapi banyak loh detail kecil yang membuat Terios jauh lebih praktis dan modis. Apa saja sih?

Pertama tentu tampangnya yang kini lebih sporti. Asalnya tampilan bumper depan dan belakang yang lebih manis. Tengok saja bumper depan yang telah dilengkapi foglamp. Bentuk garis di sekeliling rumah foglamp yang mengarah ke atas kini membuat tampang Terios layaknya sedang tersenyum. Begitu juga bumper belakang yang lengkap dengan reflektor baru. Kalau sebelumnya berbentuk sedikit oval, kini tampilannya lebih tipis, semakin sporti.

Masih berkutat di belakang, lampu belakang juga tampil baru dan terlihat lebih minimalis. Pada lampu belakang generasi sebelumnya terlihat aksen merah di sekeliling lampu, kini aksen silver dan krom yang lebih terlihat. Menambah kesan mewah Terios, berpadu kesan sporti yang kental di depan. Apalagi gril juga berganti model baru. Sedang cover ban serep dan pintu belakang masih belum berubah.
Penuh Kepraktisan

Masuk ke interior, Terios semakin menunjukan kesan mewah dengan beberapa ubahan minor nan praktis. Paling kelihatan model kisi AC baru yang seakan menyambung antara sisi kiri dan kanan. Kalau sebelumnya tombol hazard terlihat menonjol di tengah, kini seakan tersembunyi di tengah kisi AC.

Masih berkutat di sektor tengah, headunit baru ukuran 2Din menambah kesan mewah karena terlihat semakin terintegrasi dengan konsol dasbor. Lihat-lihat konsol tengah Terios kini terlihat jauh lebih mewah. Apalagi sekarang tersedia tombol multifungsi di setir yang menambah kepraktisan mengemudi Terios. Seperti tagline-nya untuk pemilik Terios yang masih ingin mengeksplor medan jelek semi off-road, tanpa mengurangi kepraktisan menyetir.

Kali ini ada spon tipis yang menghalangi udara panas mesin kembali tersedot extra fan AC. Otomatis AC makin efisien

Tampang dasbor Terios kini semakin mewah berkat aksen krom di kisi AC
.

Tombol multifungsi di setir membuat Terios makin nyaman

Tampang belakang berbeda di aksen lampu, plus reflektor lebih tipis
Intip ke bawah sedikit, ada perbedaan kecil di bagian transmisi. Kali ini terdapat tombol mungil shift lock di depan tuas transmisi otomatis. Yang pasti, tak perlu repot lagi kala ingin menaruh tuas di posisi N kala harus parkir paralel. Praktis, aman dan nyaman.

Kelebihan lain berlanjut di bangku penumpang tengah. Konfigurasi 7 seater Terios masih dipertahankan. Pas dengan nilai guna Terios sebagai SUV andalan keluarga. Tapi ada kelebihan lain yang tak dimiliki Terios, bahkan oleh saudara sekandung beda merek, Toyota Rush.

Sistem pelipatan bangku tengah Terios semakin praktis karena cukup menekan 1 tuas kecil di tengah untuk melipat keseluruhan jok. Beda dengan pendahulunya yang harus melipat sandaran jok dulu, baru kemudian melipat bangku tengah. Sayangnya, bangku baris ketiga Terios belum dilengkapi safety belt untuk keamanan penumpang.

Mesin 3SZ-VE berkapasitas 1.495 cc masih setia dipertahankan, tapi ada minor change kasat mata. Fungsinya sih tetap memudahkan pengemudi. Sistem power steering Terios kini menggunakan pompa elektrik dari sebelumnya yang hidrolik. Kecil memang, tapi OTOMOTIF yakin pengurangan beban mesin untuk memutar belt power steering pasti membuat Terios mampu berakselerasi lebih maksimal. .

0 komentar:

Posting Komentar

DbClix