Otomotif & News

diki-rahman.blogspot.com On Kamis, 06 Januari 2011

First Drive New Toyota Rush S A/T, Menuju Kesempurnaan!

OTOMOTIFNET - OTOMOTIFNET langsung mendapat kesempatan pertama kalinya menjajal versi terbaru dari medium SUV jagoan PT. Toyota Astra Motor (TAM) yang baru saja diluncurkan minggu ini di Jakarta, yakni New Toyota Rush. Kali ini yang dicoba adalah varian S-type bertransmisi otomatis yang notabene merupakan versi teratas dengan fitur paling lengkap.

Segera saja menghampiri sosoknya yang punya impresi berbeda saat pertama kali mengelilingi eksteriornya. Namun, kali ini yang membuat penasaran bukan saja tampilannya yang semakin mewah.

Tetapi sodoran fitur teknis berupa penyempurnaan di kinerja suspensi dan aplikasi power steering elektris yang digadang menjadi unggulan, cukup menggoda untuk diuji.

Saat sesi pengetesan di trek jalan berkontur rata, perangkat suspensi depan yang telah disempurnakan diajak bermanuver sedikit ekstrim secara spontan. Gejala limbung terbukti mampu dieliminir saat menikung pada kecepatan 60 km/jam.

Dibandingkan Rush lama yang dikenal punya bantingan agak keras, khususnya pada bagian belakang, bantingan suspensi New Rush terasa lebih nyaman.

Baik ketika dikendarai sendirian tanpa penumpang, maupun saat dimuati empat orang dewasa. Uji coba berlanjut di trek jalan bergelombang. Kinerja suspensinya mampu menghadirkan peredaman yang cukup halus. Tidak keras layaknya karakter sebuah SUV pada umumnya.

Pada saat bersamaan, aplikasi fitur electric power steering yang menggantikan mekanisme hidrolik di model lama juga mampu membuktikan kehandalannya. Memutar lingkar kemudi menjadi lebih ringan, begitu juga saat mengatur tata letak parkir.

Berkat penyematan fitur shift-lock pada transmisi otomatis 4 percepatannya, perpindahan posisi gigi setelah kunci kontak dilepas, posisi parkir paralel jadi lebih mudah.

Apalagi skema sensor parkir bertambah lengkap dengan corner sensor di buritan yang mampu memberikan sinyal jarak parkir lebih akurat.

Kembali ke tampilan bodi. Yang bikin aura mobil berwarna maroon mica ini beda, yakni model baru dari front bumper dengan lingkar fog lamp warna krom dan rear bumper spoiler.

Wajah bonnet semakin segar berkat gril radiator baru bergaya honey comb yang menonjol disertai bentuk side visor yang lebih pipih.

Desain peleknya sendiri tambah elegan dengan gaya palang lima bergelombang. Paling menarik tampilan lampu belakang yang punya kombinasi baru dan lampu utama yang dilengkapi projektor.

Interior bernuansa monokromatik dengan pemakaian panel warna metal dan optimalisasi fitur audio

Tambah opsi shift-lock di transmisi memudahkan saat ingin parkir paralel
.

Suspensi yang disempurnakan menambah kenyamanan

Corner sensor menambah lengkap akurasi jarak parkir
Di interior, tampilannya tak kalah segar berkat bentuk baru dari panel meter indikator bergaya sporti. Nuansanya cenderung beraksen monokromatik karena didominasi panel berwarna metal.

Salah satunya panel instrumen dan center cluster di tengah dasbor yang bergaya baru. Head unitnya sendiri memakai jenis 2-DIN yang jadi satu dengan panelnya. Untuk pengoperasiannya semakin mudah karena terintegrasi dengan remote yang tertanam di setir palang tiga model baru.

Menilik sektor dapur pacunya, nampaknya PT. TAM masih mempercayakan mesin DOHC berkapasitas 1.500 cc VVT-i dengan sistem injeksi bahan bakar elektronik yang telah lama disusung. Begitu juga girboks dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Aspek keamanannya dirasa masih cukup memadai dengan fitur SRS airbag ganda untuk penumpang depan dan sistem rem ABS di roda depan.

0 komentar:

Posting Komentar

DbClix