Otomotif & News

diki-rahman.blogspot.com On Kamis, 06 Januari 2011

Pengujian Campuran Air Wiper, Seberapa Ampuh Mengilapkan Kaca?

OTOMOTIFNET - Musim hujan seperti sekarang, apalagi kerap disertai angin kencang, mewajibkan pemilik mobil berantisipasi. Termasuk memilih konsentrat untuk campuran air wiper (screen washer concentrate).
Tak hanya membasmi cipratan mobil depan, tetapi juga membersihkan bangkai serangga, getah pohon hingga lapisan minyak dari gas buang solar yang menempel di permukaan kaca depan (wind shield).

BOTOL KECIL

Sekian produk yang menawarkan solusi pembersih wind shield, Foerch yang lebih dulu dikenal dengan produk bohlam dan wiper, turut menyumbang solusi berlabel Screen Washer Concentrate (SWC). Sepintas meski bentuknya mungil dan ringkas, produk ini cukup menjanjikan.

Promosi kaca depan yang selalu bening meski bodi mobil sudah dekil karena berkubang dan diserang kawanan serangga, cukup meyakinkan lewat kemasan botol hanya 30 ml. Meski 30 ml, SWC sanggup dicampur air hingga perbandingan 1:100. Artinya mampu menghasilkan 3 liter washer fluid.

Saat dicoba ke washer reservoir tank Toyota Fortuner 2009, sapuan wiper mudah mengilapkan kaca depan yang dibiarkan kotor akibat hujan deras beberapa hari yang lalu. Cairan konsentrat SWC minim busa, kotoran organik maupun non-organik tak ada yang tertinggal sedikit pun di permukaan kaca.

Foerch Eco Hot SWC yang masih diimpor dari Jerman ini, dijual dengan harga Rp 17.500 di toko pengecer. Meski ekonomis dari segi harga dan volume, performanya bisa diandalkan untuk mengusir bangkai serangga dan getah pohon.
Kelebihan lain adalah formulanya dirancang aman untuk karet wiper dan menghilangkan bunyi gesekan pada permukaan kaca dan wiper. Saat di coba pada Suzuki Baleno dengan karet wiper yang sudah kering dan berkurang elastisitasnya, bunyi sapuan karet pada kaca bisa hilang.

Selain itu cairan kimia ini juga tidak meninggalkan flek atau bekas pada cat mobil maupun grill kaca depan yang biasanya terbuat dari karet atau fiber. Bahkan kala cipratan dari washer mengering akibat sengatan sinar matahari, bekasnya langsung hilang saat dilap dengan chamois.

Hal yang harus diperhatikan adalah karena dimensi kecil dan volumenya sedikit, Anda tak sadar menuangnya lebih banyak ke dalam washer tank. Otomatis konsentratnya lebih pekat. Meski tak ada efek negatif namun jatuhnya lebih boros dari sisi harga. Jadi tuangkan saja secukupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

DbClix